Install Cpanel Webuzo di VPS

install cpanel

Berdasarkan Web Officialnya, Webuzo adalah Panel Kontrol Multi Pengguna yang dibuat untuk Penyedia Hosting, Pengecer, dan Pemilik Situs Web. Ini adalah Panel Kontrol Hosting Web yang kuat dan mudah digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Cpanel Webuzo dapat diinstal pada berbagai jenis server dan mendukung Ubuntu, AlmaLinux dan CentOS.

Secara umum webuzo ini sama seperti cpanel yang biasa disediakan di shared hosting. Fungsinya sama untuk mengontrol, install, dan optimasi website dengan tampilan yang user friendly.

Jika kita menggunakan Virtual Private Server atau VPS tanpa paket cpanel atau lainnya. Maka semuanya harus di install dan setting manual, mulai dari web servernya, CMS WordPress, dan tentunya cpanel agar install website lebih mudah karena interfacenya mudah dipahami.

Namun perlu diketahui cpanel dan webuzo ini tidak gratis melainkan berbayar, membutuhkan lisensi agar bisa digunakan biasanya lisensinya perbulan. Bagusnya masing-masing ada trial selama 15 hari.

Kenapa Webuzo?, webuzo mulai banyak digunakan walapun masih kalah jika dibandingkan dengan cpanel. Namun dari segi tampilan lebih sederhana akan lebih mudah penggunaannya dibadingkan dengan cpanel yang banyak fitur-fiturnya.

Panduan ini menggunakan web server nginx OS Ubuntu 20, oleh karena itu pastikan nginx sudah terinstall di vps.

Buka terminal di Virtual Private Server, kemudian login dengan akses root. Setelah itu download webuzo wget -N http://files.webuzo.com/install.sh .

Tunggu sampai proses download selesai.

Setelah proses download selesai, set premission chmod 0755 install.sh file dan install webuzo ./install.sh

Durasi install tidak lama hanya terdiri dari beberapa step yang di proses secara otomatis.

Proses install selesai.

Akses ip public via vps dengan alamat http://xx.xx.xx.xx:2004/ , maka akan tampil halaman webuzo. Silahkan di isi kolom-kolomnya.

~ Username untuk login admin Webuzo

~ Email Address agar pemberitahuan di kirim ke email

~ Password untuk login admin Webuzo

~ Re-enter, masukkan kembali password

~ Masukkan domain utama, jika belum punya masukkan Ip Public VPS

~ Masukkan juga nameserver.

Proses install selesai, ikuti petunjuk dari webuzo untuk login dan install aplikasi di web

cpanel

Share Panduan Ini Agar Bermanfaat

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.