Cara Update Salt Keys WordPress di Nginx

update salt keys wordpress

Setelah proses install wordpress selesai di VPS dengan web server nginx. Ada satu kendala yang bisa dialami yaitu security keys atau salt keys dari wordpress yang expired. Perlu dilakukan update salt keys wordpress agar web tidak error.

Berbeda dengan shared hosting yang sudah tersedia fitur update salt keys wordpress otomatis. Memakai Virtual Private Server (VPS) semuanya di seting manual.

Berikut tahapannya :

Install LEMP (NGINX, MYSQL, PHP) ,
Setting Virtual Host di Nginx,
Install WordPress di Nginx

Nah setelah semua step diatas selesai, selanjutnya perlu konfigurasi update salt keys wordpress agar tidak expired dan bisa otomatis update. Berikut caranya,

Manual update

Buka web https://api.wordpress.org/secret-key/1.1/salt/ akan muncul salt keys nya.

Buka terminal VPS kemudian buka file wordpress wp-config.php menggunakan nano /var/www/nama_domain/wp-config.php biasanya berada di folder var/www/nama_domain . Hapus kode salt keys yang lama kemudian copy paste kode salt keys yang baru dan simpan.

Bagaimana kita bisa tahu kalau kode salt keys sudah expired?, untuk itu kita perlu install plugin Hide My WP Ghost Lite . Plugin ini sebenarnya berfungsi untuk sembunyikan url login wordpress namun kelebihannya ada fitur cek security yang bisa cek masa aktiv salt keys.

Sering-sering cek security nya agar tidak ketinggalan update salt keys wordpressnya. Cara ini memang cukup ribet, sebaiknya menggunakan cara berikut ini.

Otomatis update salt keys wordpress di Nginx

Cara kedua ini lebih simple dan otomatis yaitu dengan memanfaatkan plugin Shalt Shaker . Plugin ini bisa deteksi salt keys dan juga bisa di seting agar update otomatis sesuai rentang waktu. Install Plugin Shalt Shaker ,

Buka seting plugin Salt Shaker, centang Change WP Keys and Salt on , pilih waktunya bisa seminggu atau sebulan sekali. Kemudian klik Change Now maka update salt keys wordpress otomatis .

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.