Migrasi Blogger ke WordPress VPS

migrasi blogger ke wordpress di VPS Nginx

Banyak pilihan untuk membuat blog dengan mudah saat ini seperti menggunakan blogger, wordpress, joomla, drupal, wix dan lainnya. Banyaknya pilihan content management sistem ini sangat baik untuk kita yang suka membuat website untuk blog. Akan tetapi tidak semua CMS ini memiliki fitur yang sesuai dengan yang kita butuhkan, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Kali ini kita akan bahas panduan migrasi blogger ke wordpress di VPS.

Blogger salah satu CMS yang paling banyak digunakan selain WordPress. Namun blogger memiliki banyak kekurangan dari segi fitur dibandingkan wordpress. Blogger atau blogspot biasa digunakan untuk web blog untuk menampilkan posting artikel dengan fitur-fitur standart. Jika ingin website lebih profesional banyak fitur-fitur yang komplit sudah seharusnya migrasi blogger ke wordpress.

Untuk migrasi blogger ke wordpress VPS ada beberapa hal yang perlu di persiapkan, diantaranya :

~ Domain

Salah satu keunggulan blogger yaitu memiliki web tanpa domain karena sudah disediakan domain dengan ekstension .blogspot.com walaupun sebenarnya juga bisa menggunakan domain TLD. Namun jika web blogger sebelumnya belum menggunakan domain TLD maka migrasi blogger ke wordpress VPS wajib mempersiapkan domain.

~ Hosting

Kelebihan lain dari blogger yaitu tidak membutuhkan hosting atau tempat penyimpanan file websitenya karena sudah di sediakan oleh google. Hosting jadi hal penting kedua yang perlu di persiapkan jika migrasi blogger ke wordpress VPS. Hosting bermacam-macam tergantung kebutuhan ada shared hosting yang kapasitasnya kecil atau menggunakan Virtual Private Server (VPS) yang memiliki kapasitas besar dan akses yang lebih powerfull. VPS ini seperti kita memiliki server sendiri tetapi fisiknya berada di online atau cloud. Panduan kali ini akan menggunakan VPS sebagai tempat file websitenya.

~ Theme WordPress

Tampilan web akan semakin menarik dengan theme yang menarik juga. Akan tetapi pemilihan theme ini bisa juga menjadi masalah dengan kecepatan website. Oleh karena itu pilih theme yang cepat dan juga responsive.

Jika sudah siap semua, saatnya migrasi blogger ke wordpress. Sebelum migrasi website blogger ke wordpress di VPS, web server, mysql dan php harus sudah terinstall. Panduan ini menggunakan web server Nginx, untuk itu silahkan di install terlebih dahulu dengan ikuti panduan berikut.

Berikut Langkah langkah Migrasi Blogger ke WordPress di VPS

~ Buat Folder Website

Buat folder website di /var/www/ , mkdir /var/www/nama_website , ganti nama_website dengan nama domain atau terserah anda. Set Owner dan permission folder chmod -R 755 /var/www/nama_website/ , chown www-data:www-data /var/www/nama_website/ .

migrasi blogger ke wordpress vps

~ Seting Virtual Host Nginx

Buat file Virtual Host (Vhost) , untuk lebih jelas seting Vhost di Nginx cek panduan berikut :

~ Set Domain Website

Jika sebelumnya domain website menggunakan setingan blogger maka harus diganti dengan setingan ke VPS. Hapus semua setingan blogger di control panel domain.

Juga setingan domain di bloggernya di menu custom domain .

migrasi blogger ke wordpress

Tambahkan IP public VPS dan domain di DNS domain. Biasanya membutuhkan waktu 24 jam untuk propagasi.

~ Install WordPress di VPS

Selanjutnya install wordpress di VPS web server Nginx. Informasi lengkap install wordpress di VPS klik tombol berikut.

~ Import Konten

Setelah proses install WordPress selesai. Terakhir import konten web yang ada di blogger. Masuk menu seting di blogger. Masuk menu seting atau setelan

Selanjutnya cari menu Back up Content atau Cadangkan Konten.

Kemudian Klik Download dan simpan file.

Agar bisa import konten blogger ke wordpress harus memakai bantuan plugin yaitu import blogger. Klik menu peralatan atau tools kemudian pilih impor dan klik instal sekarang untuk Blogger.

Selanjutnya klik jalankan pengimpor dan pilih file yang tadi di download di blogger.

Tunggu sampai proses impor selesai, migrasi blogger ke wordpress di VPS selesai.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.