Mempercepat Loading Web di CDN Cloudflare

mempercepat loading web

Mempercepat loading web adalah satu point penting saat ini. Semua yang memiliki web pastinya ingin website mereka cepat diakses pengunjung. Selain itu web yang cepat sangat disukai oleh google. Peluang untuk berada di halaman pertama akan lebih besar dibanding web yang lambat.

Loading web cepat sangat membantu bagi mereka yang menggunakan web untuk bisnis online. Apabila memakai cara gratisan seperti SEO sebagai metode pemasaran maka akan lebih di prioritaskan google berada dihalaman satu serta mengurangi bounce rate (pantulan web) dan peluang terjadinya konversi lebih besar.

Apabila menggunakan google ads atau iklan google juga sama akan mengurangi bounce rate sehingga biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia. Intinya mempercepat loading web akan sangat berpengaruh bagi usaha online saat ini.

Banyak cara untuk mempercepat loading web site beberapa diantaranya :

Sebelum mempercepat loading web kita perlu tahu cepat tidaknya loading web kita. Untuk cek kecepatan web bisa menggunakan tools google speed page insight (Cara pakai google speed page insight).

Setelah cek kecepatan web dan hasilnya kurang memuaskan bisa dicoba beberapa cara diatas. Namun Kali ini panduan blog akan khusus menggunakan Content Delivery Network atau CDN Cloudflare agar bisa mempercepat loading web.

Sebelum seting CDN Cloudflare tentunya kita sudah harus memiliki website baik itu menggunakan wordpress, joomla, drupal atau blogger.

~ Pertama Buat akun cluodflare di https://dash.cloudflare.com/ kemudian login. Isi nama domain website dikolom dan klik Add Site untuk daftarkan website ke cloudflare.

mempercepat loading web

~ Cloudflare berbayar tapi menyediakan yang free, pilih yang free dan Continue

mempercepat loading web

~ Tunggu sejenak cloudflare akan melakukan proses scanning DNS domain.

mempercepat loading web

~ Selanjutnya klik Add Record unutk menambahkan A Record dan CNAME Record domain. Konfirgurasinya seperti berikut :

Type : CNAME , Name : www , Content : nama domain , Proxy status ON
Type : A , Name : nama domain , Content : Ip Public domain , Proxy status ON

~ Selanjutnya akan tampil nameservers default domain dan nameservers cloudflare. Silahkan ganti ke nameservers cloudflare di control panel domain.

~ Ganti nameservers default ke nameservers cloudflare, masuk control panel domain. Disini kami contohkan menggunakan idcloudhost. Login pilih menu my domain kemudian pilih domain dan pilih menu Nameservers.

~ pilih Use custom nameservers, ganti nameservers dengan nameservers cloudflare.

mempercepat loading web

~ Kembali ke web cloudflare klik Done, Check Nameservers. Sambil menunggu domain terkoneksi dengan cloudflare, kita bisa lanjutkan seting dibagian cloudflare. Klik Configuration Recommendations.

~ Apply Enable Always Use HTTPS dan Enable Auto Minify .

mempercepat loading web

~ Klik logo cloudflare untuk kembali ke menu home untuk memastikan domain telah terhubung. Apabila telah terhubung akan tampil tanda checklist.

~ Pilih menu SSL/TLS kemudian pilih full pada bagian sebelah kanan. Ini agar web lebih aman menggunakan ssl.

~ Pilih menu Network pastikan konfigurasi http/2 dan http/3 sudah aktif. Fungsinya web akan dijalankan menggunakan protocol http/2 atau http/3 yang lebih cepat dari http/1

~ Kita juga bisa cek kecepatan website langsung dari cloudflare, klik menu speed, klik test again untuk test lagi.

Kesimpulan Mempercepat Loading Web

Nah itulah beberapa cara mempercepat loading web menggunakan cloudflare tentunya masih banyak langkah-langkah yang bisa di optimalkan dalam cdn cloudflare ini. Selain itu sebaiknya tidak hanya menggunakan cloudflare saja, ada banyak cara mempercepat loading web yang bisa digunakan.

Share Panduan Ini Agar Bermanfaat

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.